Dari Alaminya Dieng Hingga Modernnya Water Park

Banjarnegara adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya juga disebut Banjarnegara. Luas wilayah Kabupaten Banjarnegara adalah 106.970.997 ha atau 3,10% dari total luas provinsi Jawa Tengah. Nyadran Gedhe adalah tradisi unik di Banjarnegara. Ini dilakukan secara rutin setiap tahun untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Ratusan warga berkumpul untuk membawa hasil panen ke Girilangan di desa Gumelem Wetan.

Persiapan untuk acara ini adalah nasi Golong Menir, ambeng menir, mengintip ambeng, ambeng ketan ambeng, pecani ayam pecel, aor-terong trancam, daun sayur bening Moringa, tempe goreng, golong pitu, kambing kambing, peek pethek. Banjarnegara dilalui melalui jalan provinsi yang menghubungkan Banyumas dengan Semarang. Klampok adalah persimpangan jalan yang mengarah ke Purbalingga dan Banyumas. Selain itu, ada jalan provinsi yang menghubungkan Banjarnegara dengan Batang dan melintasi dataran tinggi Dieng. Transportasi alternatif di kota Banjarnegara adalah penggunaan transportasi perkotaan, becak dan dermaga.

Kuil Arjuna
Kompleks candi Arjuna mencakup area sekitar 1 hektar. Ada lima bangunan candi di kompleks ini, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Kuil Srikandi, Kuil Puntadewa dan Candi Sembadra. Selain Kuil Semar, empat candi lainnya adalah candi terpenting yang digunakan sebagai tempat sholat. Rincian prasasti itu, disimpan di Museum Nasional Jakarta, sebut candi objek wisata Banjarnegara yang dibangun pada 731 Caka atau 808 Masehi. Prasasti adalah prasasti tertua dengan tulisan Jawa kuno.

Curug Pitu
Wisata Curug Pitu adalah objek wisata di Banjarnegara yang wajib dikunjungi karena pesona keindahannya tak tertandingi. Yang unik dari air terjun Curug Pitu adalah, seperti namanya, air terjun ini memiliki tujuh tingkat air terjun dari atas ke bawah. Untuk mencapai seluruh level, pengunjung harus pergi ke hulu melalui jalan sempit. Lapangan hijau dan area yang luas akan menjadi suguhan utama untuk pwngunjung. Rasa tenang datang ketika dia melihatnya.